Korupsi dalam solat

Minggu, 21 Agustus 2011
Ada satu fenomena yang sering saya amati ketika berasa di masjid. Setiap solat akan dilaksanakan, sang Imam pasti berkata, "luruskan dan rapatkan shafnya, karena lurus dan rapatnya shaf adalah kesempurnaan sholat!". Lalu, saya beralih memperhatikan posisi kaki para jamaah di depan shaf saya dan di samping saya. Kita semua tahu, biasanya masjid sudah dilengkapi karpet panjang penanda barisan anda dalam sholat, tapi suatu fenomena unik yang sering ditemukan dimana biasanya jamaah sering "korupsi" jatah barisan.

Ya, fungsi karpet panjang adalah sebagai penanda agar barisan shaf kita lurus, tetapi banyak jamaah yang atas alasan tempatnya kurang luas untuk sujud, mengambil jatah barisan di belakangnya. Dampak nya banyak, tertendang ketika mau bangun setelah sujud, atau terinjak rambutnya oleh kaki orang di depan saya. Saya sendiri heran dengan kelakuan jamaah yang seperti itu. Bagaimana mungkin dalam solat saja kita sudah biasa korupsi? Korupsi dalam jatah shaf kita.


       
        bandingkan dengan






0 komentar:

Posting Komentar