to be a teacher

Sabtu, 22 Januari 2011
apa yg terlintas di piiran lu ketika mendengar kata guru?
buat gw, guru adalah sosok teladan. baik di dalam maupun diluar kelas.
guru merupakan representasi dari seseorang yg berpendidikan tinggi, mampu memberikan ilmu dgn baik, bs dimengerti siswa2nya, memperlakukan siswanya layaknya manusia, dan yang paling penting adalah ikhlas.
gag hanya mengejar materi. memang, tak bs dipungkiri di zaman yg semakin susah ini, guru merupakan profesi idaman.
emak gw  yang jg seorang guru menganjurkan agar jd guru aja. alasannya adalah "jadi guru enak loh mas, gag perlu izin2 cuti kalo gag masuk, tinggal sms udah bs. kalo muridnya libur kita ikt libur, kalo muridnya jalan2 kita ikt jalan2.."
dasar emak gw ada2 aja ngebujuknya. tapi dibalik itu semua, ada beban moril dgn menjai seorang guru. guru adalah ujung tombak negara. bagaimana bs mendidik generasi muda kalo gurunya saja kelakuannya tak mencerminkan org terdidik. banyak kan guru2 yg cm masuk kelas trus ngasi soal doank, ato masuk kelas trus dsuru nyatet tuh materi pdhl materinya dah ada di buku semua tanpa memberikan penjeasan, atau yg lbh parah, murid dijadikan objekan guru. yaa buat nambah2 penghasilan mgkn..
gag gtu namanya guru. emak gw jd inspirasi terbesar bagaimana jd guru yg baik. bertanggung jawab dan cara memberikan pengajaran yg baik. gag cm ngejar materi buat dunia semata, tp yg paling penting adalah pertanggung jawaban sama Allah nanti.
setau gw, Allah dah blg kan kalo sebaik2nya manusia adalah yg berguna buat manusia lain. nah, gw pilih cara ini biar gw bs menjadi org yg bermanfaat buat org lain.
buat Allah SWT, makasi dah nempatin hamba mu ini di keluarga yg super bgd. dilahirkan oleh ibu yg tak pernah mengeluh, mempunyai bapak yg pekrja keras dan akan berkorban apapun demi keluarga nya. ya Allah, engkau telah memberikan segala nikmat yg tak terduga2 di setap langkah hidupku.
semoga semua nikmat ini dapat kami gunakan dalam kebenaranMu.

4 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    maav ya agak ngaco alurnya...
    hhhee.. just write.

  1. Iqbal Kharisyie mengatakan...:

    saya pernah baca seperti ini:

    Hasan Al Banna mengatakan: “Pondasi perbaikan bangsa adalah perbaikan keluarga, dan kunci perbaikan keluarga adalah perbaikan kaum wanitanya. KARENA WANITA ADALAH GURU DUNIA. Dialah yang menggoyang ayunan dengan tangan kanannya dan mengguncang dunia dengan tangan kirinya.”

    jadi, guru terbaik adalah ibu kita
    meskipun dia bukan seorang
    berpangkat guru dalam
    artian sebenarnya...
    Tapi lebih kepada pendidikan
    yg diberikan olehnya...

  1. Unknown mengatakan...:

    bener.. semua emg berawal dr keluarga...

  1. Iqbal Kharisyie mengatakan...:

    siph,,,
    lanjutkan menulis, kang/.

Posting Komentar